Anak Indonesia Sekarang Wajib Punya Kartu Identitas

 Lain - Lain

Anak Indonesia Wajib Punya Kartu Identitas

Beritaku.us.Com – “Belom punya KTP, kan? Nah berarti masih anak kecil.” Sekarang kita nggak bisa lagi ngeledekin anak-anak kecil yang songong dan suka ngaku-ngaku udah gede. Soalnya mulai tahun 2016 ini, pemerintah menerbitkan yang namanya KIA alias Kartu Identitas Anak. Emang bukan KTP beneran sih, tapi kurang lebih sama lah ya fungsinya.

KIA ini bertujuan untuk “meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik, serta sebagai upaya untuk pemenuhan hak terbaik bagi anak.” Gitu kata Pak Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. KIA bakalan jadi identitas resmi anak, untuk semua anak-anak berusia di bawah 17 tahun dan belum menikah. Kabarnya KIA ini punya dua jenis; untuk yang bayi sampai umur 5 tahun dan untuk umur 5-17 tahun.

Peraturan ini mulai berlaku sejak 14 Januari 2016. Tahun ini KIA bakal diterapkan untuk 50 kabupaten atau kota. Dan ternyata udah ada beberapa kota yang menerapkan KIA kayak Yogyakarta, Solo, Depok, dan masih banyak lagi.

 

Bentuk KTP Anak Kecil Atau KIA kayak gini, nih.

 

Huh untung aja… Kirain bakalan ada bagian ‘makanan favorit’ dan ‘minumam favorit’ yang harus diisi. Nyunyu curiga jangan-jangan bentar lagi ada promo dan diskon belanja buat para pemegang KIA juga nih, terus kartunya bisa dimodif pakai karakter-karakter film animasi. Ehehe.

Related Posts

Leave a Reply